Senin, 17 Juni 2013

Kerajaan Apotek Kusut


Kerajaan Apotek Kusut
            Dunia ini begitu luas, dan kehidupan di setiap sudut dunia pun berbeda-beda. Dimana pun tempat itu, pasti mempunyai jalan cerita yang menyenangkan, membanggakan, dan bahkan bisa juga jadi sangat menyedihkan.
            APOTEK, semua orang pasti tau tempat apa ini. suatu tempat yang menjual berbagai macam obat-obatan. Dari obat untuk penyakit kronis seperti Jantungan, Hipertensi, Paru-paru. Sampai penyakit ringan seperti, Kadas, kurap, dan kutuan pun semuanya ada di tempat ini. tapi tidak untuk penyakit KanKer, alias (Kantong Kering). Hehe.

            Sekarang tempat ini adalah tempat kerjaan gw yang kedua setelah keluar dari perusahaan Investasi Emas. Disini gw menjabat sebagai seorang Kasir, yang mempunyai filosofi “Tidak lebih dari sekedar Tukang Obat”. Seenggaknya gw lebih elite dari pada tukang obat yang ada di kota tua. Yang harus susah payah teriak-teriak “Mari Bu, Mari Pak obat kadas,kurap, panu, dan kurang duitnya di beli !! Di jamin setelah pakai obat ini semua penyakit bakal hilang !! Mari Bu Mari..”. yang membuat gw juga jadi mikir, “Penyakit Hilang, Nyawa Melayang” kalo yang jualnya gak tau dunia farmasi. Haha #Sotoy
            Banyak banget perbedaan gw sama tukang obat yang ada di kota tua. Salah satunya yaitu, Kalo di kota harus gelar lapak dulu buat ngejual obatnya, sedangkan gw tinggal duduk manis di bangku dan ruangan ber-AC menunggu pasien datang.  Jadi Sekali lagi gw terangkan sama temen-temen gw, “Gw Jelas Beda sama Tukang Obat di Kota tua”. Haha. Walaupun sama-sama jualan obat. Kok gw jadi curhat kaya Marshanda yaa. Hehe
            Oh iya, nama apotek yang menjadi tempat kerja gw ini adalah “Apotek R”. Apotek yang di miliki  oleh seorang laki-laki, yang sudah memiliki 20 lebih outlet seJabodetabek. Apotek yang cukup terkenal dan maju sih, tapi tetap geleng-geleng kepala kalo udah ngeliat Slip Gaji. Haha.
            Tapi gw salut dengan pemiliknya ini, karna Apotek besar ini di mulai dari 1 apotek lusuh yang hanya memiliki beberapa karyawan dulunya. Dan denger-denger juga Pemiliknya ini hanya lulusan dari SMF (Sekolah Menengah Farmasi). Dalam hati berpikir “Hanya lulusan SMF aja bisa sukses punya Apotek besar dengan puluhan Outlet. Berkat siapa lagi kalau bukan berkat Kerja Keras dan Kesabaran”. Tapi gak tau deh kalo dia main Dukun juga. Haha.
            Gw berada di Outlet yang ada di daerah pondok cabe. Yang di pimpin oleh Ibu Titin Fitriani sebagai Ratu di Kerajaan Apotek ini. Disini juga di penuhi oleh Selir-selir dan Budak-budak lain yang berjumlah 17 orang. Yang terdiri dari beberapa divisi seperti Asisten Apoteker, Admin, Juru Resep, Kasir, dan Security.
            Semua karyawan disini seperti menjadi keluarga besar gw yang kedua. Karna disini gw merasakan rasa kekeluargaan yang besar. Mungkin aja karna memang senior disini terbilang jauh lebih tua dari gw, yang udah kaya orang tua dan kakak-kakak gw. Contohnya senior kasir Badriyah (Mba Bay) yang anaknya udah pantaran gw.  Tapi ada juga sih yang seumuran, seperti Azis (Asisten Apoteker), dan Munawar (Asisten Apoteker). Mereka lah yang menjadi temen ngobrol gw dikala lagi kerja.
            Berantem-berantem kecil juga sering terjadi di keluarga besar ini. contohnya kaya Bang Ali (Juru resep) yang lagi Sleg sama Bu Fitri karna baru aja di kasih Surat Peringatan (SP). Setiap karyawan lain nanya apa penyebabnya, pasti dia bilang karna cintanya Bu Fitri di Tolak sama dia, makanya dia di kasih SP. Haha. Dan contoh lainnya yaitu Mpo’Siti (Kasir) yang lagi marahan sama Pak Haryadi (Security) karna celana dalemnya abis di robekin. Hehe. (Becanda deng). Maksudnya karna becandanya pak haryadi yang keterlaluan.
            Itulah keluarga, semua rasa Enak dan gak enak pasti ada di dalam keluarga. Terkadang bercanda, terkadang marahan gara-gara bercanda. Kalo gak begini bukan keluarga namanya. Asal jangan jambak-jambakan aja gara-gara berebutan celana dalem. Itu sih bukan keluarga, tapi MaCut (Maling Kancut). Hehe
            Kerja di Apotek itu macem-macem masalah yang kita rasakan. Bukan hanya masalah dari Internal aja, eksternal pun lebih banyak lagi. Contoh masalah internalnya yaitu selalu aja setiap bulan ada barang yang hilang, yang menyebabkan duit pribadi keluar untuk “Nombok”.  Bukan Hanya setiap akhir bulan, posisi gw sebagai kasir yang bertanggung jawab atas uang setoran sehari-hari juga masalah berikutnya. Kadang-kadang ada aja yang kurang, mulai dari nombok 2 Ribu perak, sampai yang paling besar 100 ribu rupiah. Itu sih masih contoh yang kecil-kecil, karna masih banyak masalah internal yang lebih besar di Apotek. Misalnya seperti Saling Tuduh-Menuduh sesama karyawan karna barang yang hilang.
            Seperti Mpo Siti yang selalu menjadi target tuduhan utama ketika ada barang hilang. Entah kenapa tiba-tiba ketika barang hilang tujuan utama tuduhan selalu ke Mpo Siti. Tapi Security haryadi dan Asisten Apoteker Ajis pernah mergokin dia sedang ngambil obat di Rak obat yang ada di dalam. Ketika di selidiki di computer kasir, ternyata tidak ada penjualan obat seperti obat yang di ambil Mpo siti. Entah itu memang kenyataan atau memang itu adalah sebuah tuduhan belaka.
            Tapi dulu ketika gw masih baru datang di Apotek ini, selama gw Ngasirin 3 hari berturut-turut bersama Mpo Siti, selama itu juga selalu aja setoran gw kurang. Dan kejadian ini membuat gw jadi berpikir “Kok bisa pas banget ya, setiap setoran gw kurang selalu aja lagi bareng Mpo siti. Apa jangan-jangan ???”. tuh kan gw malah jadi ikutan nuduh juga. Astagfirullah. Hehe
            Selain masalah Internal yang cukup mencengangkan, masalah Eksternal juga gak kalah mencengokan. Karna masalah Eksternal datang dari ribuan pasien yang mempunyai karakter yang ribuan pula. tapi karakternya bukan hanya bikin masalah aja sih, banyak juga karakter pasien yang bisa berbaik hati.
            Contoh pertama, tipe pasien yang gw sebut “Over Judes”. Karakter pasien seperti ini adalah karakter yang paling bikin Gondok hati. Pada dasarnya gw sebagai kasir selalu melayani dengan ramah dan senyuman pula. Jadi kalo ada yang nanya-nanya obat apa ini, obat apa itu, selalu gw jawab dengan senang hati. Tapi kalo Pasien Over Judes ini yang nanya, rasanya tuh seperti Pengen lebih besar dari dia dan Nginjek-nginjek dia, terus Ngeludahin mukanya. #Uups sory frontal
            “Mas ada obat ini gak ?”  Over judes nanya, gw cek di computer “Maaf bu obat ini kosong”. “Diih !! gak lengkap banget sih nih apotek. Masa obat kaya ini aja gak ada. Gak kaya apotek disana deh. Disana tuh lebih murah dan juga lengkap lagi. !!” ucap Over Judes tepat ke wajah gw. Tapi gw tetap senyum dan ramah “Iya maaf ya bu, memang kebetulan obat ini lagi kosong”. “Iya !!, oh iya tolong ya mas parkirannya di benerin, kalo buat mobil ya buat mobil !! jangan ada motor disitu, saya jadi susah buat parkirnya !! Jelas ya Mas !!”. Ucap Over judes yang bener-bener judes. Gw pun langsung ngambil tambang, terus gw iket ke hidungnya dan gw tarik pake motor dari belakang. Abis itu gw potong bibirnya yang judes dan gw jual deh ke restaurant biar di bikin “Bibir Judes Saus Tiram”. Hahaha (Gak kebayang dah tuh). Abisnya heran deh, ada aja ya di komentarin. Memang harus ekstra sabar kalau ketemu pasien seperti ini.
            “Lain Ladang, Lain Belalang”. Yang dapat di artikan, lain orang lain juga sifat dan tingkah lakunya. Karakter pasien yang kedua bisa kita sebut “Protect Budget”. Karakter pasien seperti ini adalah karakter yang selalu harus tau semua detail belanjaannya dengan tidak wajar, (Perhitungan). Memang terkadang tipe orang seperti ini baik kepada kita, tapi ya itu tadi, kedetailannya itu besar banget.
            “Mas, saya mau beli obat Nizoral, Amoxsan, dan ImBoost ada mas ?” Tanya pasien dengan ramah. Gw pun langsung cek ke computer “Oh ada bu, semuanya mau berapa ya bu ?”. “Saya mau satu Strip semua ya mas”. “oh gitu, baik kalau gitu semuanya jadi 200 ribu” ucap gw memberitahukan harganya. “HAH !! mahal banget. Emang Nizoral berapa ?”, “Nizoralnya 90 ribu bu”. “terus terus Amoxsan berapa ?” Tanya pasien lebih detail. “Amoxsannya 50 ribu bu”. “terus terus kalo ImBoostnya berapa ?” Tanya pasien lagi ingin lebih jelas. “Imboostnya 60 ribu bu” jawab gw sambil nahan kesel. Tapi pasien masih terus nanya, “Terus Totalnya jadi berapa mas ???”. Muka langsung Memerah, tanduk keluar dua, Kedua tangan gw megang pisau, Gw bunuh diri. “KAN TADI GW UDAH BILANG BUUU !!!”. kalo ini sih antara “Protect Budget” sama “Budeg” beda tipis.
            Memang banyak banget pasien yang bikin kesel. Tapi bukan berarti gak ada pasien yang baik di dunia ini. Contohnya seperti pasien Pak Tukijan, langganannya Mba Bay. Seorang laki-laki yang sudah agak berumur, yang selalu membelikan minuman yang ada di apotek setiap beliau beli obat disini. Walaupun embel-embelnya di suruh buatin kuitansi dengan harga besar, tetap aja beliau baik.
            Semakin lama, semakin deket aja hari kiamat bakal dateng. Banyak banget manusia tolol yang membalik-balikan hal yang sebenarnya. Di luar sana, terutama orang-orang yang lagi ada di UGD berharap banget sembuh dan bebas dari obat-obatan. Tapi untuk para orang tolol malah terbalik, mengkonsumsi obat-obatan padahal dia gak lagi sakit. Terutama jenis obat-obatan Narkotika. Kalo buat orang waras “Obat-obatan mendekatkan kita pada kematian”, tapi kalau menurut orang tolol “Obat-obatan mendekatkan kita pada Kebahagian, dan Keberanian”. Apa lagi kalau orang Tolol tingkat dewa, gak minum 1 aja dalam sehari udah kaya anak ayam kehilangan lobang bol. Haha.. (bayangin dah tuh)
            Kenapa gw bilang kaya gitu, karna sering banget gw ketemu pasien kaya gitu. Namanya juga Apotek, yang basicnya segala macam obat ada disini. Termasuk obat jenis narkotika/psikotropika itu tadi yang sering di salah gunakan dan di konsumsi oleh orang tolol.
            Contohnya seperti pasien langganan apotek ini, yang udah ada sebelum gw ada. Sebut aja dia dengan inisial nama sebenarnya yaitu Ari, seorang laki-laki berkaca-mata dan kaya pula. Yang tinggal di komplek Bali View yang terkenal dengan rumah-rumah mewah di dalamnya. Dia sering banget beli obat narkotika itu disini. Kenapa kita terima?, karna memang dia punya resep asli dari dokternya. Dia sih ngakunya lagi proses terapi. Tapi kalau nebusnya setiap hari berturut-turut sih bukan terapi lagi namanya.
            Suatu waktu dia nebus obat itu lagi di apotek, dengan wajah yang lagi sakau berat. Setelah kita proses resepnya dan kita berikan obatnya, seperti biasa kita selalu memberitahukan Signanya, yang di resep tertulis 1 x sehari. Tapi tau-tau dia minum di depan mata gw 4 tablet sekaligus. Abis itu dia miring-miringin kepalanya, terus dia loncat-loncat. Dalam hati gw bergumam “Ngapain ya tuh orang, abis minum obat malah kaya begitu. Gak sekalian aja dia Kayang, Push Up, Shit Up, terus Sikap Lilin !!”. haha..
            Sungguh prihatin kalau ngeliat orang-orang kaya gitu. Dan memang lebih dominan orang-orang tolol itu berasal dari lingkungan orang kaya. Kesibukan orang tuanya adalah point utama penyebab mereka terjerumus. Orang-orang tolol itu juga tidak sepenuhnya mereka tolol, bahkan kadang orang-orang tolol itu mempunyai title sarjana. Semua itu gw tau dari sobekan buku psikolog yang gw temukan di jalan. Bagi para ibu hamil yang baca ini, Amit-amit dah dari sekarang. Hehe.
            Tapi pernah suatu waktu ada 2 orang anak muda yang pengen beli obat jenis narkotika itu di apotek ini. Dari luar apotek terlihat penampilannya sangat Punk abis, baju gembel dan muka sobek-sobek. Hehe celananya maksudnya yang sobek-sobek. yang membuat gw juga setengah curiga. Pas masuk ke dalam apotek, dia langsung nanya sama gw. “Bang, ada obat Tramadol gak ?”. dengan ramah gw menjawab, “oh obat itu harus pakai resep asli dari dokter”. “emang berapaan si bang satunya ?” Tanya salah satu anak muda itu. Gw pun langsung ngecek harga di computer kasir, “Murah kok, Hanya Rp.5000/tablet”. “Ooh,, harus pakai resep ya bang. Gw kasih Rp.10.000/tablet dah bang. Mau gak ?”, ucap anak muda itu yang berusaha nyogok gw. Tapi dengan senyuman dan santai gw menjawab, “Maaf ya mas, tetap gak bisa”. “Rp.20.000/tablet deh bang” ucap anak muda itu lagi yang masih berusaha nyogok gw. “Maaf ya mas, mas mau nyogok saya berapa juga tetap saya gak kasih. Kecuali mas punya resep asli dari dokter yang bisa saya percaya baru dengan senang hati saya terima. Mau di kasih sejuta juga saya mau”. Jawab gw yang masih bersikap ramah sama pasien. “Oh yauda makasih ya mas” ucap kedua anak muda tadi yang langsung segera melangkahkan kakinya keluar apotek.
            Kerja di apotek memang banyak banget cobaannya, dan banyak banget setannya. Contohnya ya itu tadi, 2 setan yang berusaha merusak iman gw dengan berusaha menyogok gw. Untung aja Allah.swt masih sayang sama gw, jadi gw gak silau sama duit-duit haram. Masa iya sih kasir mau ikut-ikutan juga kaya anggota DPR yang lagi sibuk di sidang gara-gara makan duit haram.   Hehe
            Namun rasa kenyamanan keluarga apotek yang sekarang ini gw rasakan ternyata tidak bertahan lama. Karna satu-persatu pergi dari apotek R**y pondok cabe ini. Seperti temen gw Munawar (Asisten Apoteker) yang lebih dulu pergi dari sini, karna ingin focus dengan Tes masuk kuliah di Universitas Indonesia (UI). Selang berapa bulan, Mba Bay (Kasir), Yeyen (Kasir), Mba Dede (Juru Resep), dan Pak Puji (Juru Resep) pindah ke apotek R**y yang baru buka di daerah Ciledug. Dan semenjak mereka semua pergi meninggalkan apotek ini, rasa kekeluargaan disini pun semakin memudar.  Gak ada yang masakin lagi kaya Mba Dede kalo lagi pengen pesta atau buka puasa bareng, dan gak ada lagi temen yang tiap hari ngomonginnya bokep mulu kaya Pak Puji. Hehe.
            Seiring dengan kepergian mereka, orang-orang baru pun satu persatu mulai berdatangan menggantikan mereka. Ada Tami (Asisten Apoteker), Eko (Asisten Apoteker), Reza (Juru Resep), dan Atik (Kasir sangat Senior).  Seiring dengan kedatangan mereka, gw mempelajari karakter dan sifat-sifat mereka masing-masing.
            Eko (kiting) sebagai anak baru ternyata dia bisa berbaur sama yang lain, terutama kalo lagi bergadang untuk main PS, dan Becanda (Ceng-cengan). Memang prinsip di apotek ini tuh “kalo lo gak bisa di ajak becanda, lo yang jadi korban Cengan”. Lain halnya dengan Reza, setiap kali di ajak becanda sama yang lain dia hanya terdiam dan diam. Padahal becandaan anak-anak yang lain murni hanya bercanda dan tidak ada dendam sama sekali. Tapi kalo reza lagi di cengin, jawabnya dari hati banget, dan berasa bener-bener di hina. Yaah.. namanya juga orang, beda-beda dah tabiatnya.
            Senioritas, di semua pekerjaan di muka bumi ini pasti terdapat yang namanya senioritas. Sama halnya dengan apotek ini setelah Mba Bay dan kawan-kawan pindah ke Ciledug. dan hadirlah seorang senior banget yang udah mengabdikan seluruh hidupnya di Apotek R**y sekitar 14 tahun. Sebut saja inisial nama sebenarnya Atik. hehe
            Seorang wanita yang berumur sekitar 35an, masih single, wajah pas-pasan, pendek, gigi di behel, dan tempat tinggalnya di Mess. Sikap senioritasnya semakin jelas ketika melihat cara kerjanya yang melebihi manager. Nyuruh ini, Nyuruh itu sama karyawan yang lain terutama sama anak-anak baru. Manager pun pernah di bantah sama dia. Padahal basicnya jabatan dia sama kaya gw, yaitu Kasir.
            Tapi buat gw dan temen-temen yang lebih dulu ada di kerajaan ini kontra banget sama dia. Suatu waktu dia pernah nyuruh-nyuruh gw yang padahal dia juga bisa menyelesaikannya sendiri, dan keadaan gw saat itu juga lagi sibuk. Dengan rasa kesal gw pun membentak senior banget itu.
            Kalo udah debat sama dia tuh, persis seperti masuk ke lumpur hidup. Gak berenti-berenti sampai ada geledek yang nyamber dia.
            Gw, Azis, dan eko sering kali mendiskusikan tentang sikapnya yang udah melebihi batas. Kita pun merasakan hal yang sama, yaitu ketidaknyamanan dalam bekerja. Karna peraturan-peraturan yang gak jelas yang dia usulkan kepada Manager.
            Beralih dari senioritas, dengan waktu yang hampir bersamaan tiba-tiba Bu Fitri sebagai Manager, dan Daus sebagai Admin mengajukan surat Resign. Betapa terkejutnya gw dan teman-teman yang lain. Ada Apa ini ?? ada apa dengan cinta ?? hehe.. jadi kaya judul film.
            Selidik punya selidik gw pun mendapatkan alasan kenapa mereka resign dari sini. Korupsi ? bukan itu alasannya. Bu Fitri resign dari sini karna beliau di percaya oleh keluarganya untuk buka Apotek baru milik keluarganya. Sedangkan Daus resign di karenakan ada tawaran kerja jadi Jablay Depok. Hahaha.. (Bohong Deng…). Daus resign karna dia dapet kerjaan baru yang lebih baik, yaitu menjadi Accounting di sebuah perusahaan. Yaa.. mau tidak mau kita harus kehilangan mereka demi kebahagiaan mereka juga.
            Ada yang pergi, ada yang juga yang datang. Posisi Bu Fitri sebagai manager outlet di gantikan oleh seorang wanita yang bernama Tuti pake K, jadi (Tutik). Hehe.. dia adalah mantan Apoteker Pendamping di outlet Mangga Besar.
            Dan dengan hadirnya manager baru di kerajaan ini, ternyata keadaan ini di manfaatkan oleh Atik. Semua kehendak dia selalu di setujui oleh manager baru itu. Dia bilang gini, dia bilang gitu, tuh manager mah ngangguk-ngangguk doang kaya boneka di dasbor mobil.
            Suasana disana semakin gak karuan, yang membuat kerajaan ternyaman yang dulu gw rasakan disini, berubah menjadi neraka paling terdalam. Gw, Ajiz, dan Eko pun berniat ingin keluar dari tempat ini.
            Hari-hari kerja kita jalankan seperti biasa, namun tetap gak biasa kalo udah kerja satu Shift sama Atik. Hehe. Sampai pada akhirnya terdengar kabar burung perkutut, bahwa eko resign. Kabar itu di sampaikan langsung dari manager baru itu.
            Ternyata Eko lebih dulu meninggalkan tempat ini, dan sekarang dia ikut pelatihan menjadi polisi. Sekarang tinggal gw dan Ajiz yang mempunyai jiwa muda disini, dan kita berdua harus kuat menahan keadaan ini.
            Di benak gw dan Ajiz masih bersuara keras untuk keluar dari tempat ini. Gw sendiri tengah mencari jalan keluar sebaik mungkin. Dalam hati berkata “Kalau gw langsung keluar, belum tentu gw langsung dapet kerjaan baru. Dan kalau gw jadi pengangguran sementara, siapa yang mau bayar motor dan kuliah gw ??”.
            Karna hati semakin galau, gw berniat untuk cuti selama seminggu. Hal itu pun gw bicarakan dengan teman gw Ajiz. Tapi ajiz memberikan saran, “Kalo lu izin sama manager untuk cuti seminggu mah gak bakal di izinin bro. apalagi kalo sampe atik tau kalo lu mau cuti, pasti dia bakal bersuara paling gede tuh untuk bilang jangan di izinin”. “Iya juga ya.. terus gimana dong bro ? gw bener-bener harus cuti nih bro, galau banget gw nih dengan rencana keluar dari sini” Tanya gw pada Ajiz. “Hmm,, gini aja bro, di keluarga lu siapa yang udah meninggal bro ?”. “Engkong gw semuanya udah meninggal bro”. jawab gw. “Yauda lu bilang aja lu engkong lu meninggal di kampung, dan lu harus kesana. Gimana ?” Ajiz memberikan Ide. “Boleh juga tuh saran lu bro. Hehe”.
            Akhirnya ide yang di katakana Ajiz tadi gw praktekan. Keesokan harinya gw segera sms manager dan bilang kalau kakek gw meninggal di kampung.
            Hari-hari cuti gw nikmati sambil mencari kerjaan lain, gw cari info-info lowongan kerja dari temen-temen gw yang kerja di bagian IT. Karna gw juga berniat kerja di perusahaan IT consultan, agar sesuai dengan basic yang gw punya saat ini.
            Setelah Tanya sana Tanya sini, akhirnya gw mendapatkan info itu. Maka segera gw buat surat lamaran dan berangkat menuju perusahaan tersebut. Sesampainya disana. Ternyata gw langsung disuruh Interview pertama.
            Sehari, Dua hari, Tiga Hari berlalu dari Interview pertama. Tepat hari senin yang bersamaan hari terakhirnya cuti gw berakhir. Gw di panggil kembali ke kantor perusahaan IT itu. Setelah di interview, gw pun langsung di terima kerja di perusahaan tersebut hari itu juga.
            “Allah selalu memberikan jalan yang lurus kepada setiap hambanya yang berdoa dan meminta pada-Nya”. Seperti doa gw yang telah di kabulkan oleh Allah untuk keluar dari Kerajaan Apotek ini, yang sekarang telah berubah menjadi gubuk derita karna senior veteran itu. Hehe
            Malam harinya, gw langsung pergi ke Apotek untuk memberikan surat resign. Gw meminta maaf kepada senior-senior gw yang dulu membuat gw betah disini, gw juga meneraktir mereka minuman yang ada di kulkas apotek sebagai tanda perpisahan. Dan gw pun resmi KELUAR dari Kerjaan Apotek ini.
            Melihat gw udah resign lebih dulu, Ajiz marah-marah sama gw. Hehe. Karna memang kita janjian untuk keluar bareng dari kerajaan ini. Tapi dia juga berniat resign beberapa bulan lagi setelah urusan kuliahnya selesai.
“Tempat yang kita rasa indah akan berubah 180 derajat ketika ada sesuatu hal buruk yang masuk kedalamnya”
“Di saat kita merasa bahwa hanya tempat yang kita berada saat inilah yang terbaik, itu adalah Salah. Karna masih banyak tempat yang lebih baik dari yang terbaik. Jadi kalau memang anda sudah tidak merasa nyaman dengan keadaan saat ini, beranikanlah keluar dari tempat itu Sekarang Juga !! Jangan Menundanya !!.
           
           

           
             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar